Kamis, 02 Juni 2016

MEMBUAT TABEL DAN QUERY PADA MICROSOFT OFFICE ACCESS

A. Membuat Tabel pada Ms. Access
1.     Buka Ms. Access, maka akan tampak tampilan seperti di bawah ini , Kemudian pilih Blank Database, kemudian ketik nama Database yang diinginkan.
Contoh di bawah ini mengambil nama Database "UCICHURRIYAH_PAP14B"




2.    Kemudian Simpan database ke dalam folder yang kamu inginkan. Misalnya: “Document – Access”  lalu klik “OK”



3.    Setelah itu silahkan klik “Create”


4.     Tampilan default pada Ms. Access akan menampilkan sebuah Tabel bernama "Tabel 1" yang masih kosong. Untuk mendesain tabel maka, klik Design View.


5.    Perintah Save As akan muncul untuk memberi nama Tabel yang akan dibuat. (Pada contoh : tabel akan diberi nama “JENIS BARANG” . Kemudian ketiklah nama field dan tipe data seperti contoh dibawah ini :


6.    Buatlah Field "KODE" sebagai Primary Key dengan memblok Field Name "KODE" kemudian klik Toolbar "Primary Key".


7.    Kemudian klik Datasheet View.


8.    Kemudian ketik lah Record sebagai berikut :


9.    Klik “Save” untuk menyimpan record dalam tabel yang sudah diketik.

Silahkan ulangi kembali langkah 1 - 9 untuk membuat tabel  kedua dengan nama "PENJUALAN".
1.     Nama field dan tipe data sebagai berikut  :


2.    Kemudian ketik record sebagai berikut :




B. Membuat Query pada Ms. Access
Query adalah tabel yang dibuat dari beberapa tabel lainnya dengan tujuan untuk mengelompokkan data baru berupa tabel, dengan sumber dari tabel -tabel yang telah ada. Query dapat menyortir data atau untuk menampilkan data - data yang memenuhi kriteria tertentu, atau juga dapat berupa suatu ekspresi (formula).

1.     Klik Tab “Create”
2.    Kemudian pada grup Queries, pilih dan klik  “Query Design". Seperti gambar dibawah ini :


3.    Kemudian klik “Add” pada Tabel yang akan dipilih.


4.    Selanjutnya adalah memilih field yang ingin dimasukkan ke dalam Query dengan melakukan klik pada tanda panah bawah di baris pertama tiap field.



5.    Kemudian Klik “Run” untuk mengaktifkan Query.


6.    Tampilan Query yang telah dibuat adalah sebagai berikut :


7. Klik "Save" dan simpan Query dengan nama yang diinginkan. Misalnya : DATA PENJUALAN 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar