Pengertian
Otomatisasi Perkantoran
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
“otomatisasi” berarti penggantian tenaga manusia dengan tenaga mesin yang
secara otomatis dapat melakukan dan mengatur pekerjaan sehingga tidak
memerlukan lagi pengawasan manusia. Sedangkan “kantor” adalah suatu tempat yang
di gunakan dalam menyelenggarakan kegiatan perkantoran.
Otomatisasi perkantoran adalah semua
sistem informasi formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi
informasi kepada dan dari orang yang berbeda didalam maupun di luar
perusahaan.Dengan kata lain otomatisasi perkantoran merupakan sebuah rencana
untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan
pekerjaan
Kategori Pemakai Otomatisasi
Perkantoran :
1. Manajer adalah seorang yang
bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan terutama sumber daya
manusia.
2. Profesional yakni tidak mengelola
orang tetapi menyumbang keahlian khususnya (misalnya, pembeli,Wiraniaga, dan
Asisten Staff Khusus).
3. Sekretaris bertugas untuk
melaksanakan berbagai tugas menangani korespondensi, menjawab telepon, dan
mengatur jadwal pertemuan.
4. Clerical Employee (Pegawai
Administratif), melaksanakan tugas untuk tugas untuk sekretaris, seperti
mengoperasikan mesin fotocopy, menyusun dokumen, dan mengirimkan surat.
Konsep – Konsep Otomatisasi
Perkantoran :
- Proses yang terjadi di perkantoran seperti halnya proses manufaktur selalu mengarah ke otomatisasi.
- Otomatisasi kantor berevolusi dari aplikasi-aplikasi yang terpisah tanpa rencana menuju aplikasi yang terencanan dan terpadu.
- Otomatisasi kantor memudahkan penerimaan dan pengiriman informasi.
- Otomatisasi kantor memberikan keuntungan lebih besar melalui pengambilan keputusan yang lebih baik
- Otomatisasi kantor sebagai pelengkap bagi metode komunikasi tradisional bukan sebagai pengganti.
Manfaat
Otomatisasi Perkantoran :
1. Menyelesaikan pekerjaan kantor
dengan lebih efektif dan efesien
2. Mengurangi kebutuhan akan staf dalam
jumlah besar
3. Memerlukan sedikit tempat untuk menyimpan
data
4. Beberapa orang dapat memperbarui
data secara bersamaan dalam hal perubahan jadwal
Macam
– Macam Aplikasi Otomatisasi Perkantoran :
1. WORD PROCESSING : untuk membuat
dokumen ketik atau cetak.
Contoh : Microsoft word, Word Perfect, dan Open Office
2. ELECTRONIC MAIL: untuk mengirim,
menyimpan, dan menerima pesan dengan menggunakan terminal computer dan
peralatan penyimpanan.
Contoh : yahoo mail, google mail, gmail dll
3. VOICE MAIL : untuk mengirimkan pesan
dengan cara mengucapkan pesan tersebut melalui telepon.
4. ELECTRONIC CALENDARING : untuk menentukan
atau membuat jadwal acara yang telah di tetapkan oleh manajer
5. AUDIO CONFERENCING : untuk membuat
hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk tujuan
melakukan konferensi.
6. VIDEO CONFERENCING : untuk mengirim
dan menerima signal audio dan video.
7. COMPUTER CONFERENCING : untuk
melakukan pertukaran informasi selama proses terjadinya konferensi dengan
menggunakan jaringan komputer .
8. FACSIMILE TRANSMISSION adalah
penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca tampilan dokumen pada ujung
channel komunikasi dan membuat salinan atau copy di ujung yang lain.
9. VIDEO TEXT adalah penggunaan
komputer untuk tujuan memberikan tampilan materi tekstual pada layar.
10. IMAGE STORE AND RETRIEVAL : digunakan
dalam pemecahan masalah ketika ia diperlukan untuk melihat kembali dokumen
historis untuk tujuan pemahaman masalah.
11. DESKTOP PUBLISHING adalah pembuatan
output tercetak yang kualitasnya hampir sama dengan yang dihasilkan oleh
typesetter. Penggunaan Desktop Publishing sebagai alat pemecahan masalah meliputi
aplikasi administrasi dan teknis.
Pengertian
Telekomunikasi
Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau
penyampaian infomasi, dari suatu
tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan 'telekomunikasi' bentuk komunikasi
jarak jauh dapat dibedakan atas tiga macam:
- Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh :Pager, televisi, dan radio.
- Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Telepon dan VOIP.
- Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex)pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh :Handy Talkie, FAX, dan Chat Room
Pengertian Personal Komputer
Personal computer atau sering di
sebut PC adalah seperangkat peralatan komputer yang digunakan oleh satu orang
atau pribadi, baik di lingkungan kantor, rumah, toko dan lain sebagainya.
Komputer jenis PC ini berfungsi mengolah data input dan menghasilkan output
data informasi sesuai dengan keinginan pengguna atau user.
1. Hardware (perangkat keras) adalah
sekumpulan komponen perangkat keras di dalam komputer yang secara fisik dapat
dilihat, diraba dan dirasakan.
Hardware dapat dikelompokan menjadi empat bagian, yaitu
·
Device
input atau peralatan input seperti Keybord dan mouse.
·
Device
process atau peralatan proses, dari data input seperti, prosesor, motherboard,
dan memori
·
Device
output atau peralatan output seperti monitor, printer, dan speker untuk sound
system.
·
Device
peripheral atau peralatan tambahan lainnya seperti modem, tv tuner, USB flash.
2. Software (perangkat lunak) adalah
program yang berisi instruki atau perintah sebagai perantara, yang
menghubungkan antara hardware dan brainware sehingga menghasilkan informasi sesuai
keinginan brainware.
Software dibagi menjadi dua golongan, yaitu:
a. Software operation system (OS),
seperti DOS, Windows, Linux.
b. Software application, seperti
Microsoft Office, database managemen, program grafis, network software, web
design tool, utilities, entertainment and education.
3. Brainware (pengguna) adalah
perangkat yang mengoperasikan dan menjalankan software yang ada di dalam
komputer, dapat dikatakan sebagai pemakai atau user
Pengertian
Email dan Teleconference
Ø E-Mail
(Electronic Mail)
adalah sebuah fasilitas komunikasi dalam Internet yang berfungsi mengirim surat
secara elektronik yang dapat menjangkau ke seluruh dunia. Dibandingkan dengan
surat biasa, e-mail mempunyai keunggulan yang lebih aman serta tidak membedakan
jarak dan waktu.
Ø teleconference adalah peretemuan yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau
koneksi jaringan. Pertemuan tersebut bisa menggunakan suara (audio conference)
atau menggunakan audio-video (video conference) yang memungkinkan peserta
konferensi saling melihat dan mendengar apa yang dibicarakan, sebagaimana
pertemuan biasa. Dalam telekonferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard
yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya, juga berbagi
aplikasi
REFERENSI
1. Zain,
S. 2004. Penerapan Teknologi Informasi.
Jakarta: Salemba Empat
2. Chamid,
2014. Otomatisasi Kantor, (http://www.academia.edu/4869827/OTOMATISASI_KANTOR)
diakses pada 26 Maret 2015 pukul 19.07
3. id.wikipedia.org/wiki/Telekomunikasi
di akses pada 26 Maret 2015 pukul 19.20
5. Pratiko, Budi. 2013. Personal Komputer, (http://budipratiko9.blogspot.com/2013/11/personal-computer-pc.html)
di akses pada 26 Maret 2015 pukul 19.50
6.
Aditya, Bramasta. 2012. Pengertian Email, (http://bramastaaditya.blogspot.com/2012/12/pengertian-e-mail.html)
diakses pada 26 Maret 2015 pukul 20.00
Tidak ada komentar:
Posting Komentar